Mengenai Saya

Foto Saya
lahir di kota ihsan pinggiran jakarta laah, di keluarga yg sangat sangat sangat sederhana ._.v

Rabu, 19 Juni 2013

DEMAM DRAMA KOREA



Demam Drama Korea!!!
Demam Korea melanda Indonesia. Inilah fenomena budaya populer yang bertahan satu dekade terakhir. Salah satunya adalah drama korea.
Drama Korea mengacu pada drama televisi di Korea, dalam sebuah format miniseri, diproduksi dalam bahasa Korea. Banyak dari drama ini telah menjadi populer di seluruh Asia dan telah memberi kontribusi pada fenomena umum dari gelombang Korea, dikenal sebagai "Hallyu", dan juga "Demam Drama" di beberapa negara. Drama Korea yang paling populer juga telah menjadi populer di bagian lain dunia seperti Amerika Latin, Timur Tengah, dan di tempat lain.
Secara umum, ada dua genre utama drama Korea. Genre pertama menyerupai opera sabun barat dengan pendek, mengakhiri plot, dan tanpa referensi seksual yang jelas sering ditemukan di drama barat. Drama ini biasanya melibatkan konflik terkait dengan hubungan, tawar-menawar uang, hubungan antara mertua (biasanya antara ibu dan anak/menantu perempuan). Selain itu, mereka sering termasuk rumit cinta segitiga dimana pahlawan wanita biasanya jatuh cinta dengan seorang "anak nakal" karakter utama yang menganiaya dirinya. Drama ini berlangsung dari 16 episode ke lebih dari 100 (paling sering tidak melebihi 200).
Genre utama lainnya adalah drama sejarah Korea (juga dikenal sebagai sa geuk), yang merupakan dramatisasi fiksi sejarah Korea. Korea drama sejarah biasanya melibatkan alur cerita yang sangat kompleks dengan kostum yang rumit, set dan efek khusus. Seni bela diri, pertarungan pedang dan kuda sering komponen besar dari drama sejarah Korea juga. Drama Korea, drama sejarah apakah atau drama modern, biasanya ditandai dengan kualitas produksi yang sangat baik, karakter dengan kedalaman, cerdas naskah tetapi sebagian besar bergantung pada penggunaan karakter pola dasar.
Kemunculan drama Korea berawal dari "Endless Love" yang diikuti arus besar gelombang drama Korea di layar kaca rumah-rumah Indonesia. Ketenaran drama Korea memuncak setelah drama "Full House" yang dibintangi artis Korea terkenal, Rain dan Song He Kyo. Drama "Endless Love", "Winter Sonata", "Sassy Girl Chunhyang", "Boys Before Flowers" dan "Full House" membuat para penonton setianya menjadi pecinta Korea, mulai dari bahasa, makanan, budaya, dan musik.

Fakta-fakta Menarik Drama Korea
1.      Selalu menampilkan artis yang berwajah menyenangkan. Itu sudah pasti! Karena Korea terbilang cukup banyak memiliki artis dengan wajah tampan dan cantik. Selain sebagai kunci suksesnya drama, artis yang cantik dan tampan di korea memang sangat banyak sehingga mudah bagi korea untuk memilih artis sebagai pemeran utama.
2.      Drama korea kebanyakan menampilkan 4 tokoh utama, yaitu 2 tokoh utama wanita dan 2 tokoh utama pria. 4 tokoh ini biasanya terlibat cinta segitiga yang akhirnya hanya ada 1 pasangan yang berakhir bahagia, sedangkan tokoh lain akan mengalah atau menyingkir dari cerita.
3.      Drama korea kebanyakan mengambil setting di tempat kerja, Kafe, Bandara, Pantai, Pulau Jeju, Taman Bermain, dan tentunya menara Seoul.
4.      Tak sedikit drama korea yang mengisahkan seorang wanita yang berasal dari keluarga sederhana berjodoh dengan laki-laki dari keluarga konglomerat. Salah satu contoh yang paling menonjol adalah Geum Jan Di dan Gu Jun Pyo ( Drama Boys Before Flower)
5.      Drama korea juga tak pernah luput dari arak korea (Soju) dan makanan khas korea (Kimchi) serta jajanan Korea lainnya.
6.      Drama korea yang ber-genre romantis/percintaan, biasanya di awal kisah diceritakan bahwa kedua tokoh tersebut saling benci dan bermusuhan, namun seiring berjalannya waktu mereka akan saling mencintai dan menyayangi satu sama lain.
7.      Drama korea SANGAT BERBEDA  dengan SINETRON INDONESIA yang sering kali membuat kita jenuh karena banyaknya jumlah episodenya. Drama Korea kebanyakan hanya memiliki 15-25 episode. Namun jangan salah, ada juga Drama korea yang memiliki hampir 100 episode bahkan lebih, contohnya adalah Pink Lipstick.
8.      Drama Korea yang mengambil/bercerita kehidupan aktor/aktris-nya di luar negeri, pasti dan selalu mereka mengambil nama Amerika Serikat. Contohnya : Princess Prosecutor (Seo In Wo masa kecilnya hidup di USA), Heart Strings (Kyu Won merintis karier bernyanyinya di USA), serta He Is Beautiful (Go Mi Nam asli dikisahkan sedang menjalani pengobatan di USA).
9.      Drama Korea selalu mengedepankan fashion, apalagi drama korea mengambil kisah anak sekolah pasti seragam sekolah yang dikenakan anak-anak tersebut sangat unik, lucu, modern, dan modis (secara Korea terkenal dengan modenya)
10.  Drama Korea banyak menggunakan barang – barang dari sponsor dalam negeri, karena orang Korea terkenal sangat mencintai produk dalam negri. Seperti sponsor mobil Hyundai, ataupun handphone Samsung.
11.  Drama Korea memiliki soundtrack tersendiri yang sangat mendukung backsound drama. Hal ini betul – betul sangat diperhatikan, bahkan pemeran dramanya juga ikut andil memberikan pendapat dalam pembuatan soundtrack. Biasanya soundtrack dinyanyikan oleh pemain utamanya atau penyanyi yang sudah terkenal.

Demikian lah sedikit tentang sejarah dan fakta-fakta drama Korea. Bisa dikatakan pecinta Drama Korea di Indonesia tidak akan ada habisnya.


Referensi : Wikipedia Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar