Mengenai Saya

Foto Saya
lahir di kota ihsan pinggiran jakarta laah, di keluarga yg sangat sangat sangat sederhana ._.v

Minggu, 24 Maret 2013

GLOBALISASI



Pengertian Globalisasi
Globalisasi merupakan perkembangan kontemporer yang mempunyai pengaruh dalam mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain.

Pengertian globalisasi menurut para ahli:
1.      Malcom Waters
Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.
2.      Emanuel Ritcher
Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
3.      Thomas friedman
Globalisasi memiliki dimensi ideologi dan teknologi. Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas sedangkan dimensi teknolgi adalah teknologi informasi yang telah meyatukan dunia.
4.      Princenton lyman
Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan.
5.      Leonor Briones
Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaandan ekonomi namun juga mencakup globalisasi institusi-institusi demokrasi, pembangunan sosial, hak asasi manusia, dan pergerakan wanita.
6.      Achmad Suparman
Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu didunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.
7.      M. Dahlan Al-Barry
Globalisasi ialah suatu perubahan perombakan dan peningkatan secara menyeluruh dari berbagai macam aspek kehidupan.
8.      A.G.MacGrew
Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan dibelahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu  masyarakat belahan dunia yang lain.
9.      Menurut Internasional Monetary Fund (IMF)
Globalisasi adalah meningkatnya saling ketergantungan ekonomi antara negara-negara didunia yang ditandai oleh meningkat dan beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.
10.  Kamus Bahasa Indonesia
Globalisasi adalah proses masuk keruang lingkup dunia. Dapat pula diartikan sebagai hal-hal kejadian secara menyeluruh dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi batas-batas yang mengikat secara nyata.
11.  Selo soemardjan
Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarkat diseluruh dunia. Tujuan globalisasi adalah untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama misalnya terbentuknya PBB, OKI.
12.  Menurut Anthony Giddens (1989)
Proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia dinamakan dengan globalisasi. Ditandai oleh kesenjangan tingkat kehidupan antara masyarakat industri dan masyarakat dunia ketiga ( yang penah dijajah Barat dan mayorotas hidup dari pertanian)




Penyebab Globalisasi
Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya globalisasi. Faktor tersebut dikelompokan menjadi faktor ekstern dan faktor intern.
a.       Faktor Ekstern
Faktor ekstern munculnya globalisasi dari luar negeri dan perkembangan dunia. Faktor tersebut sebagai berikut:
1)      perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
2)      penemuan sarana komunikasi yang semakin canggih
3)      adanya kesempatan internasional tentang pasar bebas
4)      modernisasi atau pembaruan diberbagai bidang yang dilakukan negara-negara didunia mempengaruhi negara lain untuk mengadopsi ataumeniru hal yang sama
5)      keberhasilan perjuangan prodemokrasi dibeberapa negara didunia sedikit banyak memberi inspirasi bagi munculnya tuntutan transparasi dan globalisasi sebuah negara
6)      meningkatnya peran dan fungsi lembaga-lembaga internasional
7)      perkembangan HAM
b.      Faktor Intern
Faktor intern munculnya globalisasi berasal dalam negeri. Berikut faktor-faktor intern berikut
1)      Ketergantungan sebuah negara terhadap negara-negara laindidunia
2)      Kebebasan pers
3)      Berkembangnya transparasi dan demokrasi pemerintahan
4)      Munculnya berbagai lembaga politik dan lembaga swadaya masyarakat
5)      Berkembangnya cara berpikir dan semakin majunya pendidikan masyarakat
Ciri-ciri Globalisasi
1.      Perubahan dalam konsep ruang dan waktu yang diakibatkan oleh perkembangan telepon genggam, televisi satelit dan internet.
2.      Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung satu negara dengan negara lain.
3.      Peningkatan interaksi budaya antar negara melalui media massa.
4.      Munculnya masalah global yang menuntut dunia mengatasi masalah tersebut secara bersama.
Kennedy dan Cohen menyimpulkan bahwa transformasi ini telah membawa kita pada globalisme, sebuah kesadaran dan pemahaman baru bahwa dunia adalah satu. Giddens menegaskan bahwa kebanyakan dari kita sadar bahwa sebenarnya diri kita turut ambil bagian dalam sebuah dunia yang harus berubah tanpa terkendali yang ditandai dengan selera dan rasa ketertarikan akan hal sama, perubahan dan ketidakpastian, serta kenyataan yang mungkin terjadi. Sejalan dengan itu, Peter Drucker menyebutkan globalisasi sebagai zaman transformasi social.
Pengaruh Globalisasi Terhadap Kehidupan Ideologi, Ekonomi , Politik, Sosial dan Budaya, Hankam
1.       Pengaruh Globalisasi Terhadap Ideologi
Akibat berkembang pesatnya globalisasi didunia, masyarakat Indonesia sudah mulai banyak yang mengikuti budaya-budaya barat yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam ideologi. Yang semestinya tidak perlu untuk ditiru, karena pada dasrnya nenek moyang bangsa Indonesia memiliki sikap dan etika yang baik dan santun. Baik dalam berpakaian dan tingkah laku. Sekarang, dapat kita saksikan sendiri bagaimana masyarakat Indonesia dalam meniru gaya oarang Barat. Hal yang semestinya tidak baik untuk ditiru jelas sangat bertentangan dengan ideologi bangsa kita.




Dampak negatif:
1)      Menyebabkan keterpurukan bagi negara-negara lain yang tidak bisa menyeimbangkan arus globalisasi dan justru negara-negara maju tersebut melakukan eksploitasi untuk menyebarkan ajaran ideologo kapitalisme dan liberalisme.
2)      Adanya prinsip pasar bebas dalam ideologi yang represif.
3)      Setiap negara akan terjadi akulturasi terhadap negara lain.
Dampak positif:
1)      Dapat mencontoh tekad suatu negara lain dalam menentukan arah dan tujuan cita-cita suatu bangsa.
2)      Meningkatkan pembangunan negara.
3)      Penduduknya bersifat supel dan memiliki integritas tinggi.

2.       Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi:
Globalisasi memberikan banyak pilihan dari produk yang kita inginkan yang tentunya disesuaika dengan kebutuhan dan harga yang kita mampu. Contohnya, yaitu kita dapat memperbandingkan harga sebuah sepatu dengan merek tertentu, baik dari segi kualitas maupun harga yang kita inginkan. Globalisasi telah membawa masyarakat kota maupun masyarakat pedesaan menjadi masyarakat yang konsumerisme. Hal yang perlu dipertimbangkan dari dampak buruk globalisasi, yaitu jika pencitraan (image) produk luar negeri selalu lebih baik dari produk dalam negeri akan berakibat fatal.kefatalan tersebut akan menjadi boomerang bagi produk-produk dalam negeri yang tentu saja akan kalah bersaing , baik dari segi kualitas maupun kuantitas produk yang dihasilkan. Bagaimana tidak, kita selalu tertinggal dari teknologi yang digunakan dibanding dari negara industri luar yang lebih maju. Belum lagi sumber daya manusia yang rata-rata berkuaitas lebih rendah dari Negara-negara industri (Negara maju).

Dampak positif dari aspek ekonomi adalah :

1.       Makin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri.
2.       Mendorong kita untuknmemproduksi barang yang berkualitas tinggi.
3.       Mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efesiensi dan mengilangkan biaya tinggi.
4.       Memungkinkan dapat meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negara.
Dampak negatif dari aspek ekonomi adalah :
1.       Dengan adanya keterbukaan maka kita kan dibanjiri barang-barang dari luar negeri.
2.       Dengan adanya kebebasan masuknya investasi dari negara lain, kemungkinan bisa menguasai perekonomian kita.
3.       Dengan adanya persaingan bebas maka akan ada pelaku ekonomi yang kalah dan menang.


3.       Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Politik:
Globalisasi memudahkan manusia dalam berhubungan, termasuk dalam menjalin kerjasama dalam bidang diplomatik dengan negara-negara lain.

Dampak positif dari aspek politik adalah:

1.       Meningkatnya hubungan diplomatik antar negara.
2.       Lembaga negara tingkatannya menjadi sederajat.
3.       Kerjasama antar negara menjadi lebih cepat dan mudah.
4.       Meningkatnya ketahanan politik, transparansi, akuntabilitasi dan professional dalam penyelenggaraan negara semakin dapat sorotn publik.
Dampak negatif dari aspek politik adalah :
1.       Pemerintahan setiap negara didunia yang berdaulat dalam mengatur dirinya sendiri semakin berkurang, karena adanya aturan-aturan baru yang telah disepakati bersama dengan lembaga-lemabaga global misalnya PBB dan WTO.
2.       Dengan masuknya nilai-nilai politik barat baik secara langsung atau tidak langsung memberikan inspirasi timbulnya unjuk rasa, demonstrasi yang semakin berani dan terkadang mengabaikan kepentingan umum.
3.       Secara langsung atau tidak langsung membuat lunturya nilai-nilai politik yang berdasarkan semangat kekeluargaan, musyawarah mufakat, dan gotong royong.
4.       Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi pancasila ke ideologi liberalisme. Jika hal tersebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang.

4.       Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Sosial Budaya:
Didalam aspek sosial budaya, globalisasi memberikan dampak positif dengan dengan mengambil atau belajar dari tatanan nilai sosial budaya, pola pikir, serta cara hidup yang baik maupun teknologi, komunikasi serta ilmu pengetahuan yang lebih maju dari negara lain. Misalnya saja etos kerja yang tinggi, displin, tanggungjawab, mandiri, suka membaca, meneiti dan menulis, sportif, jujur, rasional, bahkan semua trperogram.
Sedangkan dampak negatif dari globalisasi  yaitu semakin ketatnya persaingan antar individu, munculnya sifat hedonisme dan adanya sikap individualisme serta bisa mengakibatkan kesenjangan sosial.


5.       Pengaruh  Globalisasi Terhadap pertahanan dan keamanan:
Globalisasi yang menyajikan informasi yang cepat dan akurat, juga membawa pengaruh bagi aspek pertahanan dan keamanan bangsa dan negara Indonesia.
Dampak positif globalisasi dalam aspek pertahanan dan keamanan dapat dengan adanya hubungan kerjasama antar bangsa di bidang pertahanan dan keamanan baik kerjasama bilateral, reginal maupun internasional. Globalisasi bidang hankam pernah dirasakan masyarakat dunia, yaitu dibentuknya fakta pertahanan NATO, SEATO, WARSAWA, dan sebagainya.
Beberapa dampak negatif dari globalisasi terhadap pertahanan dan keamanan negaa, antara lain munculnya reaksi-reaksi keras dari sebagian rakyat Indonesia terhadap peristiwa atau tragedi yang terjadi disuatu negara yang dianggap melanggar hak asasi manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar